5 Langkah yang Bisa Membuat Karir Kamu Sukses dan Awet, Apakah kamu sudah menerapkannya?

Hasil gambar untuk career


Hampir semua orang ingin memiliki karir yang sukses. Pada kenyataannya, jumlah pencari kerja yang semakin meningkat membuat persaingan di dunia kerja juga semakin ketat. Banyak lulusan SMK sampai sarjana yang masih berjuang untuk mendapatkan pekerjaan atau bahkan masih bertanya-tanya apa yang sebenarnya ingin mereka kerjakan.

Oleh karena itu, jika kamu sudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu, alangkah baiknya untuk mempertahankan pekerjaan tersebut. Meskipun dunia kerja itu keras, tetap bertahan dalam sebuah pekerjaan adalah poin yang penting dalam meraih kesuksesan dalam berkarir. Yuk baca 5 langkah yang bisa membuat karir kamu sukses dan awet!

1.  Perfectionist itu baik, tapi jangan berlebihan. Jadilah orang yang realistis terhadap pekerjaan
Pegawai dengan tipe perfeksionis ingin semua pekerjaannya berjalan dengan sempurna. Dia ingin menyelesaikan deadline pekerjaan dengan tepat waktu dan mencapai target secara maksimal. Hal itu memang baik karena dapat membuat pekerjaan kamu selesai sesuai dengan rencana namun pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna. Sifat perfeksionis akan menjadi hal yang baik jika dapat dicontrol dan tidak berlebihan sehingga tidak merugikan diri sendiri maupun rekan kerja kamu.

2.      Mengakui kesalahan dan tidak menyalahkan orang lain
Semua manusia tidak pernah luput dari kesalahan salah satunya saat sedang bekerja. Saat membuat kesalahan dalam bekerja, alangkah baiknya untuk segera mengakui kesalahan kamu bukan malah menyalahkan orang lain untuk menyelamatkan posisi kamu. Segeralah meminta maaf dan membuktikan bahwa kamu dapat menyelesaikan pekerjaan selanjutnya dengan benar karena kesalahan dalam bekerja adalah bagian dari pembelajaran.

3.      Bersikap jujur dan bertanggung jawab atas pekerjaan kamu
Memiliki sikap jujur dan bertanggung jawab adalah poin yang sangat penting dalam bekerja. Tanpa disadari, HRD dan atasan selalu memperhatikan sikap dan kinerja pegawainya. Dengan sikap yang jujur dan bertanggung jawab, mereka bisa mempertahankan kamu dalam pekerjaanmu saat ini dan bahkan bisa mendapat promosi lebih cepat.

4.      Memperbanyak koneksi dan menjalin hubungan yang baik kepada semua rekan kerja
Saat sedang bekerja, sebaiknya kamu tidak menutup diri dan hanya berfokus pada pekerjaan kamu namun juga melihat sekelilingmu. Menjalin hubungan yang baik antar rekan kerja dapat membuatmu betah untuk bekerja disana. Salah satu hal yang membuat karir kamu sukses adalah lingkungan kerja yang menyenangkan.

5.      Mempertahankan kinerja yang baik dan meningkatkan kemampuan serta kualifikasi kamu
Pada dasarnya untuk membuat karir kamu sukses dan awet, kamu harus mempertahankan kinerja kamu dan tetap meningkatkan kemampuan serta kualifikasi kamu secara berkala. Kamu bisa mengikuti seminar, pelatihan atau sertifikasi yang terkait dengan pekerjaan kamu.

Nah, itulah 5 langkah yang bisa membuat karir kamu sukses dan awet. Apakah kamu sudah menerapkannya? Semoga karir kamu sukses!


0 comments :

Post a Comment

Cancel Reply