7 Beasiswa Kuliah Luar Negeri Fully Funded yang Paling Diminati oleh Scholarship Hunter Indonesia


Hasil gambar untuk london


Hampir semua pelajar di Indonesia pasti ingin mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan mereka apalagi untuk berkuliah di luar negeri. Selain karena negara nya yang indah, mereka juga ingin tahu bagaimana rasanya berkuliah dengan sistem pendidikan yang ada di negara yang ingin dituju, benar bukan? Pertanyaannya adalah apakah kalian berani meraih mimpi itu dengan melewati segelintir proses yang pastinya tidak semudah membalikkan telapak tangan? Inilah 7 beasiswa kuliah luar negeri fully funded yang paling diminati oleh scholarship hunter. Apakah kalian salah satunya?

1.      BEASISWA LPDP

Yang pertama adalah beasiswa LPDP, beasiswa yang paling banyak diincar oleh pelajar Indonesia. Sebelum itu, yuk mengenal apa sih LPDP? Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan atau yang disingkat LPDP merupakan lembaga yang bekerja dibawah pengawasan 3 kementrian yaitu: Kemenkeu, Kemendikbud, Kemenag yang menyediakan beasiswa untuk program magister atau S2 dan program doktor atau S3, baik dalam maupun luar negeri.

Program Beasiswa Pendidikan Indonesia LPDP dibuka setiap tahun. Pada tahun 2019, terdapat 2 tahap yang mana pendaftaran tahap ke 2 telah ditutup 10 september lalu. Terdapat beberapa jenis beasiswa LPDP yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Afirmasi, dan beasiswa targeted group. Beasiswa LPDP ini mencakup semua kebutuhan dari dana pendidikan hingga biaya pendukung lainnya sehingga kita tidak perlu membayar apapun. Untuk persyaratan dan alur nya, kalian bisa membaca secara lengkap di web lpdp (https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/).

2.      BEASISWA CHEVENING

Yang kedua adalah beasiswa chevening yang merupakan program beasiswa dari pemerintah inggris untuk kalian yang ingin melanjutkan studi S2 selama satu tahun di universitas manapun di inggris dengan jurusan apapun. Jika beasiswa LPDP hanya untuk pelajar Indonesia, beasiswa chevening dibuka untuk seluruh dunia sehingga kalian juga berkompetisi dengan pelamar beasiswa dari seluruh negara di dunia. Beasiswa ini diberikan kepada orang-orang dengan nilai akademik diatas rata-rata dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Beasiswa chevening ini 100% fully funded. Pemerintah Inggris akan mendanai seluruh kebutuhan studimu selama satu tahun termasuk biaya kuliah, biaya hidup, visa, pesawat, dll. Namun ada persyaratan penting yang harus kalian penuhi, salah satunya adalah memiliki pengalaman kerja 2 tahun atau setara dengan 2.800 jam. Pendaftaran beasiswa chevening 2019 sudah dibuka lho! Jangan sampai ketinggalan untuk mendaftar ya. Kalian bisa cek web chevening (https://www.chevening.org/scholarship/indonesia/) untuk informasi lebih lengkap. Pendaftaran akan ditutup tanggal 5 November 2019, jadi buruan daftar ya!

3.      BEASISWA DAAD

Ingin mengikuti jejak gitasav untuk kuliah di Jerman? Kalian bisa mendaftar beasiswa yang diberikan oleh DAAD pada program beasiswa Development-Related Postgraduate Courses (EPOS). Beasiswa ini ditujukan untuk kalian yang telah menyelesaikan S1 dan ingin melanjutkan studi S2 di universitas maupun institusi di Jerman selama 12-24 bulan dan jenjang S3 dengan durasi 36 bulan. Beasiswa yang diberikan bisa penuh atau parsial, sesuai ketentuan masing-masing program yang dipilih. Terdapat area studi yang ditawarkan oleh beasiswa ini, antara lain :
a. Economic science/ Business Administration/Political Economics
b. Development Cooperation
c. Engineering and Related Science
d. Mathematics
e. Regional and Urban Planning
f. Agriculture and Forest Sciences
g. Natural and Environtmental Sciences
h. Medicine and Public Health
i. Social Sciences, Education, and Law
j. Media Studies

Syarat bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri untuk beasiswa ini adalah kamu harus bekerja di pemerintahan atau perusahaan BUMN maupun swasta yang lingkup kerjanya terkait dengan perencanaan dan eksekusi proyek-proyek yang juga bersinggungan dengan teknologi, ekonomi, dan area sosial. Selain itu, kamu juga harus memiliki gelar sarjana yang kamu raih selama empat tahun studi dan gelar sarjana tersebut tidak berusia lebih dari 6 tahun. Untuk deadline pendaftarannya dibuka berbeda-beda sesuai dengan beasiswa yang di apply. Yuk lihat lebih detail di web DAAD (https://www.daad.id/en/).

4.     BEASISWA AUSTRALIA AWARDS

Yang keempat adalah beasiswa yang didanai oleh pemerintah Australia yaitu Australia Awards Scholarships atau disingkat dengan AAS. Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi para calon pemimpin Indonesia untuk menjalani perkuliahan, penelitian, dan pengembangan profesional. Pendaftaran AAS dibuka rutin setiap tahun yang biasanya dilaksanakan pada awal tahun sekitar bulan Februari atau Maret.

Untuk kalian yang ingin mendaftar AAS tahun 2020, kalian sudah bisa menyiapkan persyaratannya mulai sekarang ya. Beasiswa ini ditujukan untuk studi Master (S2) selama maksimal 2 tahun dan studi Doktor (S3) selama maksimal 4 tahun dengan cakupan beasiswa berupa full tuititon fees, visa, asuransi kesehatan, biaya hidup dan keperluan lainnya. Kalian juga bisa lho membawa keluarga kalian ke Australia dengan biaya sendiri, dengan catatan anggota keluarga tersebut memenuhi persyaratan DFAT dan imigrasi. Terdapat bidang studi yang diprioritasman dalam penerimaan beasiswa AAS yaitu bidang yang berkontribusi pada pembangunan Indonesia, antara lain:
  effective economic institutions and infrastructure
  human development for a productive and healthy society, and
  an inclusive society through effective governance.

Untuk penjelasan mengenai persyaratan dan alur pendaftaran secara lengkap, kalian bisa langsung mengunjungi web Australia Award Indonesia ya di www.australiaawardsindonesia.org/

5.      BEASISWA FULLBRIGHT

Beasiswa Fulbright adalah beasiswa bersifat merit-based yang disponsori oleh kementerian Amerika Serikat. Di Indonesia, program ini dijalankan oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation). Program ini bertujuan untuk meningkatkan Mutual Understanding antara Amerika dengan negara lain di dunia. Beasiswa Fullbright merupakan salah satu beasiswa yang sangat kompetitif yang ditujukan untuk pelamar seluruh dunia.  Beasiswa ini ditujukan untuk kalian yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 dan sangat disarankan selama 2 tahun untuk kembali ke negara asal namun jika langsung melanjutkan S3 amerika setelah lulus S2 maka tidak harus kembali ke negara asal selama 2 tahun dulu.

Bidang studi yang ditawarkan adalah semua bidang studi pada umumnya dengan pengecualian bidang yang terkait dengan obat untuk perawatan pasien atau kontak pasien secara klinis. Beasiswa Fullbright dibuka setiap tahun dan mencakup seluruh biaya yang diperlukan selama perkuliahan di Amerika. Untuk persyaratan dan alur pendaftaran, kalian bisa mengunjungi web https://www.aminef.or.id/

6.      Erasmus+ (Eropa)

Bagi kalian yang ingin melanjutkan studi ke Eropa, kalian bisa mendaftar beasiswa Erasmus. Beasiswa Erasmus mencakup seluruh biaya studi dan biaya hidup di Eropa. Erasmus sendiri memiliki banyak program beasiswa seperti Erasmus+ Action Experts dan Erasmus Mundus Leaders. Program Erasmus+ atau Erasmus Plus merupakan program yang didanai oleh Uni Eropa (UE) untuk bidang pendidikan, pelatihan, pemuda dan olahraga. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa tingkat magister,  kandidat doktor dan dosen yang berminat untuk melakukan studi, mengajar atau penelitian di Eropa. Kalian bisa membaca semua informasi tentang Erasmus di https://ec.europa.eu/ terutama Erasmus+ di http://ec.europa.eu/erasmus-plus

7.      KGSP (Korea)

Ingin menempuh studi ke korea? Kalian bisa mendaftar beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP) yang merupakan beasiswa dari pemerintah Korea bagi mahasiswa international yang ingin berkuliah pada jenjang D3, S1, S2 dan S3 di Korea. Ada dua jalur beasiswa yang bisa ditempuh oleh pelamar, yaitu melalui kedutaan besar Korea selatan untuk Indonesia atau langsung mengajukan beasiswa tersebut kepada universitas yang ingin dituju.  Akan tetapi untuk undergraduate atau S1, hanya ada satu jalur yaitu melalui kedutaan besar Korea. Beasiswa disediakan full yang menanggung kebutuhan selama studi di Korea. Bagi kalian yang telah melengkapi persyaratan dan dokumen aplikasi, kalian bisa langsung mengirimkan dokumen tersebut ke kedutaan besar korea yang berada di Jakarta. Cek juga informasi lebih lengkap di web http://studyinkorea.go.kr


Nah itu dia 7 beasiswa kuliah luar negeri fully funded yang paling diminati oleh scholarship hunter. Gimana nih sobat geeks, beasiswa apa yang ingin kalian apply? Pastikan semua dokumen kalian lengkap ya sobat geeks! Semoga beruntung!

0 comments :

Post a Comment

Cancel Reply